Rabu, 15 Maret 2017

Studi Kasus Pesawat Lion Air Yang Delay

WINDA AGISTA PERTIWI
201423050
HUBUNGAN MASYARAKAT
TUGAS MANAJEMEN HUMAS

ANALISIS LION AIR YANG DELAY

Analisis kasus delay berkepanjangan pesawat Lion Air, banyak penumpang yang dirugikan dan banyak konflik yang terjadi.  Dalam hal ini faktor hal tersebut adalah tentang kegagalan Planing, Organizing, Leading dan Controling yang dialami saat penerbangan pesawat Lion air. Penundaan penerbangan yang menyebabkan kekecewaan pada para penumpang, sehingga terjadi beberapa kegagalan rencana yang dialami para penumpang tersebut.
Permasalahan yang menyebabkan penundaan penerbangan yaitu:                          
1)         Perencanaan (Planning)
Jauh sebelum kejadian seperti ini terjadi seharusnya perusahaan seharusnya sudah memikirkan rencana kalau seandainya kejadian seperti ini akan terjadi. Akibat kegagalan pemikiran perencanaan (Planning) perusahaan untuk mengatasi masalah yang terjadi akibatnya para penumpang mengalami kegagalan terhadap beberapa rencana mereka serta hilangnya kepercayaan penumpang terhadap perusahaan lion air dan mindset penumpang terhadap perusahaan menjadi negatif.  

2)         Pengorganisasian (Organizing)
Ketidaksiapan pengorganisasin (organizing) perusahaan dalam menanggapi masalah yang terjadi berakibat fatal. Seharusnya perusahaan memberikan beberapa organisasi kelompok untuk ditempatkan ditempat beberapa bagian. Seperti ada kelompok untuk yang memberitahukan kepada para penumpang jika akan ada penundaan keberangkatan, dan ada juga kelompok yang menangani tiket penumpang yang ingin di refund karna penumpang merasa di rugikan karena delay yang berkepanjangan.

3)         Pembimbingan (Leading)
Semua anggota organisasi seharusnya melakukan pengarahan kebawahan agar arah tujuan tercapainya penyelesain masalah yang sedang dihadapi. Melakukan pengarahan jika memang dari awal perusahaan sudah tau jika beberapa pesawat mengalami kerusakan dan memberitahukan kepada penumpang agar bersiap-siap jika ada beberpa pesawat yang mengalami kerusakan, sehingga para penumpang tidak terlalu kecewa dan bergegas pindah pesawat.
4)         Pengontrolan (Controling)
Kurangnya kontrol terhadap pencegahan masalah oleh perusahaan pesawat Lion Air. Seharusnya perusahaan berusaha semaksimal mungkin agar mengontrol masalah yang di hadapi seperti dengan cara secepatnya membawa pesawat cadangan ke bandara yang pesawat di bandara tersebut yang mengalami kerusakan agar tidak terjadinya delay yang berkepanjangan seperti saat ini.

PERAN PUBLIC RELATIONS  
Peran public relations diperusahaan sangat penting karna membangun citra yang positif bagi perusahaan atau organisasi untuk melakukan komunikasi yang baik dari pihak internal dan juga eksternal. Peran public relations perusahaan harus melakukan pemulihan citra dan upaya meraih kembali kepercayaan dari masyarakat dengan cara mengadakan promo tiket untuk masyarakat yang ingin berpegian keluar kota atau keluar negri dan dari pihak perusahaan juga akan mengatikan uang penumpang secara full dan memberikan tiket gratis kepada penumpang lion air agar tidak merasa dirugikan dan peran public relations juga mengadakan conferensi pers kepada media terkait kasus delay yang berkepanjangan dan merugikan banyak masyarakat.  

KESIMPULAN  
Peran public relations juga sangat penting bagi perusahaan untuk membangun citra yang positif serta mempertahankan citra perusahaan agar tetap baik di mata publik Seharusnya dari pihak perusahaan harus mempersiapkan Planing, Organizing, Leading dan Controling serta adanya komunikasi kepada staff pegawai baru di publikasikan kepada calon penumpang Lion Air agar tidak terjadinya kasus yang sama seperti ini. Perencanaan strategi yang baik dan penyelesaian kasus yang baik mampu memerlukan keadaan perusahaan yang tadi nya buruk menjadi kembali seperti semula, oleh dari itu perusahaan membutuhkan seorang PR (Public Relations) untuk meredakan konflik yang ada serta memulihkan citra yang baik bagi perusahaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar