WINDA AGISTA PERTIWI
201423050
HUBUNGAN MASYARAKAT
TUGAS MANAJEMEN HUMAS
ANALISIS LION AIR YANG DELAY
Analisis kasus delay berkepanjangan pesawat Lion Air,
banyak penumpang yang dirugikan dan banyak konflik yang terjadi. Dalam hal ini faktor hal tersebut adalah
tentang kegagalan Planing, Organizing, Leading dan Controling yang dialami saat
penerbangan pesawat Lion air. Penundaan penerbangan yang menyebabkan kekecewaan
pada para penumpang, sehingga terjadi beberapa kegagalan rencana yang dialami
para penumpang tersebut.
Permasalahan yang menyebabkan penundaan penerbangan
yaitu:
1)
Perencanaan (Planning)
Jauh sebelum
kejadian seperti ini terjadi seharusnya perusahaan seharusnya sudah memikirkan
rencana kalau seandainya kejadian seperti ini akan terjadi. Akibat kegagalan
pemikiran perencanaan (Planning) perusahaan untuk mengatasi masalah yang
terjadi akibatnya para penumpang mengalami kegagalan terhadap beberapa rencana
mereka serta hilangnya kepercayaan penumpang terhadap perusahaan lion air dan mindset penumpang terhadap perusahaan
menjadi negatif.
2)
Pengorganisasian (Organizing)
Ketidaksiapan
pengorganisasin (organizing) perusahaan dalam menanggapi masalah yang terjadi
berakibat fatal. Seharusnya perusahaan memberikan beberapa organisasi kelompok
untuk ditempatkan ditempat beberapa bagian. Seperti ada kelompok untuk yang
memberitahukan kepada para penumpang jika akan ada penundaan keberangkatan, dan
ada juga kelompok yang menangani tiket penumpang yang ingin di refund karna penumpang merasa di rugikan
karena delay yang berkepanjangan.
3)
Pembimbingan (Leading)
Semua anggota organisasi
seharusnya melakukan pengarahan kebawahan agar arah tujuan tercapainya
penyelesain masalah yang sedang dihadapi. Melakukan pengarahan jika memang dari
awal perusahaan sudah tau jika beberapa pesawat mengalami kerusakan dan memberitahukan
kepada penumpang agar bersiap-siap jika ada beberpa pesawat yang mengalami
kerusakan, sehingga para penumpang tidak terlalu kecewa dan bergegas pindah
pesawat.
4)
Pengontrolan (Controling)
Kurangnya
kontrol terhadap pencegahan masalah oleh perusahaan pesawat Lion Air.
Seharusnya perusahaan berusaha semaksimal mungkin agar mengontrol masalah yang
di hadapi seperti dengan cara secepatnya membawa pesawat cadangan ke bandara
yang pesawat di bandara tersebut yang mengalami kerusakan agar tidak terjadinya
delay yang berkepanjangan seperti saat ini.
PERAN PUBLIC
RELATIONS
Peran public
relations diperusahaan sangat penting karna membangun citra yang positif
bagi perusahaan atau organisasi untuk melakukan komunikasi yang baik dari pihak
internal dan juga eksternal. Peran public
relations perusahaan harus melakukan pemulihan citra dan upaya
meraih kembali kepercayaan dari masyarakat dengan cara mengadakan promo tiket
untuk masyarakat yang ingin berpegian keluar kota atau keluar negri dan dari
pihak perusahaan juga akan mengatikan uang penumpang secara full dan memberikan
tiket gratis kepada penumpang lion air agar tidak merasa dirugikan dan peran public relations juga mengadakan conferensi pers kepada media terkait
kasus delay yang berkepanjangan dan merugikan banyak masyarakat.
KESIMPULAN
Peran public
relations juga sangat penting bagi perusahaan untuk membangun citra yang
positif serta mempertahankan citra perusahaan agar tetap baik di
mata publik Seharusnya dari pihak perusahaan harus mempersiapkan Planing,
Organizing, Leading dan Controling serta adanya komunikasi kepada staff pegawai baru di publikasikan kepada
calon penumpang Lion Air agar tidak terjadinya kasus yang sama seperti ini. Perencanaan
strategi yang baik dan penyelesaian kasus yang baik mampu memerlukan keadaan
perusahaan yang tadi nya buruk menjadi kembali seperti semula, oleh dari itu
perusahaan membutuhkan seorang PR (Public
Relations) untuk meredakan konflik yang ada serta memulihkan citra yang
baik bagi perusahaan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar